10 Jenis Sayur Sawi di Indonesia

Sawi adalah salah satu jenis tanaman sayuran berdaun hijau yang sangat umum dijumpai di Indonesia. 10 Jenis Sayur sawi di Indonesia

Sawi merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin A, C, dan K, serta kalsium, zat besi, dan kalium. Sawi juga mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan.

Baca juga: Daftar Gizi 10 Jenis Sayur

Jenis sawi yang umum di Indonesia

Beberapa jenis sawi yang umum ditemui di Indonesia baik tersedia benih ataupun budidaya:

1. Caisim (Brassica rapa var. chinensis)



Casing atau sawi hijau ini memiliki daun berwarna hijau tua, tipis, dan memiliki tekstur renyah. Casing sering digunakan sebagai campuran dalam bakso dan mie ayam.

2. Sawi Pagoda

Sawi pagoda, yang dikenal juga dengan nama Ta Ke Chai (Tiongkok) dan Tatsoi (jepang). Sawi pagoda memiliki ciri khas daun yang unik, yaitu bentuknya yang oval, berwarna hijau pekat, dan memiliki tekstur renyah.





3. Sawi Pakcoy (Brassica rapa var. chinensis)

Pakcoy memiliki daun berwarna hijau muda, tebal, dan batang putih yang lebar. Pakcoy biasanya ditumis atau direbus. Namun jenis ini atau sering ditemua dengan nama sawi baby pakcoy ini berasa pahit pada daunnya.






4. Sawi putih (Brassica rapa var. pekinensis)

Jenis sawi ini paling umum dijumpai di Indonesia dan sering digunakan dalam aneka masakan seperti capcay, sayur sawi, sawi gulung kukus, dan sebagainya. Daunnya berwarna hijau muda, tebal, dan memiliki tekstur renyah.


5. Sawi bunga (Brassica oleracea var. botrytis)

Sawi bunga memiliki kuntum bunga berwarna putih atau kuning yang padat. Sawi bunga biasanya direbus atau ditumis dan sering digunakan dalam salad.

6. Sawi sendok (Brassica rapa var. chinensis)

Sawi sendok memiliki daun berwarna hijau muda, tipis, dan berbentuk seperti sendok. Sawi sendok biasanya direbus atau ditumis dan sering digunakan dalam masakan Korea.

7. Sawi manis (Brassica rapa var. chinensis)

Sawi manis memiliki daun berwarna hijau muda, tipis, dan memiliki rasa manis. Sawi manis biasanya direbus atau ditumis dan sering digunakan dalam masakan Cina.

8. Sawi batang putih (Brassica rapa var. chinensis)

Sawi batang putih memiliki daun berwarna hijau muda, tipis, dan batang putih yang tebal. Sawi batang putih biasanya direbus atau ditumis dan sering digunakan dalam masakan Jepang.


9. Sawi brokoli (Brassica oleracea var. italica)

Sawi brokoli memiliki kuntum bunga berwarna hijau yang kecil dan padat. Sawi brokoli biasanya direbus atau ditumis dan sering digunakan dalam salad.


10. Sawi kale (Brassica oleracea var. sabellica)

Sawi kale memiliki daun berwarna hijau tua, tebal, dan keriting. Sawi kale biasanya direbus atau ditumis dan sering digunakan dalam salad.


Selain jenis-jenis sawi yang disebutkan di atas, masih banyak jenis sawi lainnya yang ada di Indonesia. Jenis-jenis sawi tersebut memiliki perbedaan dalam hal rasa, tekstur, dan bentuk.

Posting Komentar untuk "10 Jenis Sayur Sawi di Indonesia"